Tidurlah – Payung Teduh

Foto hanya Ilustrasi bukan nenek asli yang saya temui. Foto ini diambil saat aksi teatrikal di Nol KM

Foto hanya Ilustrasi bukan nenek asli yang saya temui. Foto ini diambil saat aksi teatrikal di Nol KM

Akhirnya malam tiba juga
Malam yang kunantikan sejak awal
Malam yang menjawab akhir kita
Inikah akhir yang kita ciptakan

Dan pagi takkan terisi lagi
Lonceng bertingkah sebagaimana mestinya
Membangunkan orang tanpa membagi
Sedikit asmara untuk memulai hari

Tidurlah
Malam terlalu malam
Tidurlah
Pagi terlalu pagi

Alasanku memposting lirik lagu Payung Teduh itu, bukan hanya karena aku seorang penggemar lagu Payung Teduh, Entah kenapa tadi sore ketika aku bertemu dengan seorang nenek tua di dekat pasar menggunakan kemben jawa dan menggendong tenggok dengan jarik batiknya langsung aku teringat lirik lagi itu. Mungkin lebih tepatnya lagi, aku teringat akan video klipnya.

Pasangan lirik lagu dan video klip yang serasi, dan sarat akan pesan. Lewat video klipnya, entah itu memang benar pesan yang hendak disampaikan oleh Payung Teduh atau hanya subyektifku saja, tapi saya bisa mendapat satu pesan utama lewat pasangan tersebut yakni perjuangan rakyat kecil yang dirpresentasikan lewat pedagang pasar untuk mencari rupiah. Disaat orang – orang kelas mapan tidur dengan pulas dan nyaman mungkin sesuai anjuran dokter, mereka hanya tidur di lapak dagangannya mungkin hanya di sepertiga malam terakhirnya. Pun dengan pagi, mereka memulai lebih awal, memulai namun tak beda dengan malam yang ditinggalkan. Pagi yang dimulai tanpa terbagikan senyuman maupun ucapan ayo sarapan, tapi dengan dagangan dan keramaian pasar.

Entah nenek tua yang aku lihat tadi apakah ia juga seperti pada lagu diatas, namun yang pasti kerut di wajahnya menandakan ia tidak pernah berpangku tangan.

Leave a Reply

