Selamat wisuda kakakku

Sabtu, 13 Desember 2014 mungkin akan menjadi salah satu hari yang tidak akan dilupakan olehmu kakakku. Ini adalah wisuda ketigamu setelah strata 1 , dan profesi.Strata pendidikan yang disandangmu naik 1 tingkat lagi saat ini, mungkin kau butuh kartu nama baru karena ada tambahan gelar di namamu. Gelar yang semakin memantapkan dirimu menghadapi dunia.

Perasaan bahagia? Pastilah keluarga, kawan, dan tentu dirimu merasakan kebahagiaan itu. Tetapi kakakku, pastilah kau juga tahu bahwa semakin tinggi strata pendidikanmu semakin besar pula tanggung jawab sosial yang kau emban. Bahagia sejati bukan hanya tentang diri sendiri, namun tentang membahagiakan orang lain. Strata pendidikanmu merupakan sarana untuk menjalankan tanggung jawab sosial itu, bahagiakanlah orang lain sebanyak – banyaknya. Selama ini pun aku tahu, jikalau kau sudah melakukan hal itu. Oleh karena itu tetaplah seperti ini, ataupun lakukan lebih lagi. Jadilah orang yang selalau menginspirasi!

Teringat, 8 tahun lalu sebenarnya kau tak suka kuliah di jurusan yang kau ambil ini. Terlalu banyak hafalan biologi dan hitungan kimia. Bahkan kau tak tahu jika ada jurusan semacam itu. Sebenarnya kau lebih suka di jurusan komputer, bahkan ketika itu Ibu malah memintamu kuiah di keguruan. Mungkin jika kau ambil jurusan keguruan, kau sekarang sedang menyetrika baju keki mu untuk mengajar esok hari. Mungkin jika kau ambil jurusan komputer, kau sekarang sedang sibuk membuat aplikasi android untuk dipasarkan. Namun, ketika itu kau tetap ambil jurusan yang entah kau belum tahu apa saja yang akan kau lakukan selain membuat obat. Kau bilang “Kadang jika kau melakukan sesuatu yang kau sukai itu terlalu membosankan, jika kau melakukan hal yang tidak kau sukai pasti akan menyenagkan karena akan banyak warna meskipun berat di awal” Apa yang kau katakan memang benar, awal kuliahmu memang berat, IP pas – pasan dan lain – lainnya menjadi cerita yang menyenagkan untuk dibagikan. Sepertinya kau sekarang sudah nyaman di jurusan itu, jika tak nyaman tentunya kau tak akan ambil kuliah itu lagi. Bahkan tujuanmu selanjutnya S3, aku doakan yang terbaik untukmu. Tujuanmu kuliah di luar negeri entah Jerman, Jepang, atau Thailand semoga tercapai. Jika kau benar – benar akan kuliah di Jerman, doakan aku juga besok mungkin dua tahun lagi aku susuk kesana.

Sekali lagi, selamat wisuda kakakku. Ingat satu mimpi dan cita – cita utama kita, membahagiakan Ayah dan Ibu. Membuat mereka tersenyum bahagia tiap kali mereka melihat foto kita, membuat mereka bersemangat ketika mendengar suara kita ditelpon, dan membuat mereka memeluk erat sambil menngelus punggung kita ketika bertemu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s