Dilema Industrialisasi

Peningkatan ekonomi di Indonesia saat ini yakni sekitar 6,3 % menjadi salah satu yang tertinggi di dunia. Indonesia mengalami peningkatan ekonomi yang tinggi dimana ketika banyak Negara – Negara terutama di eropa mengalami krisis ekonomi akibat krisis moneter global yang terus menerus berlangsung sejak beberapa tahun yang lalu. Industri pertambangan menjadi primadona perkembangan ekonomi Indonesia dan saat ini yang sedang mulai berkembang yaitu industri pertanian juga cukup memberikan devisa bagi Negara meskipun maih sedikit. Secara factual, peningkatan ekonomi tersebut hanya menjadi sebuah nilai bualat tanpa makna belaka bagi rakyat, karena rakyat tidak merasakan peningkatan ekonomi tersebut.
3Indonesia yang notabennya merupakan sebuah Negara berkembang mampu menghadapi bahkan tak terpengaruh isu krisis monenter tersebut. Meskipun banyak terdapat perusahaan asing di Indonesia, tetapi perusahaan – perusahaan nasional maupun yang lain sebagainya masih mampu menghadapi isu krisis tersebut dan bahkan hampir tak mempengaruhi Indonesia.
Industri – industry penopang perekonomian Indonesia seperti industry pertambangan ( minyak dan gas, batu bara, emas, timah, serta timbel) dan pertanian serta perkebunan masih menjadi pelaku utama peningkatan ekonomi Indonesia. Namun, diantara semua industry, pertambangan lah yang masih menjadi primadona. Meskipun banyak perusahaan pertambangan di Indonesia yang diambil aih oleh asing. Selain hal itu Indonesia juga hanya dicap sebagai Negara eksportir bahan mentah bukan bahan olahan, sehingga nilai ekonomi dari bahan tambang tersebut masih sangat rendah jika dibanding olahan. Namun apa jadinya jika terus menerus Indonesia bergantung dengan pertambangan yang merupakan sumber daya alam yang tak terbarui? mungkin 20 ato 30 tahun lagi sumber daya alam tersebut akan habis. Hal tersebutlah yang harus mulai dilihat oleh pemerintah, Sudah saatnya sektro industry lain yaitu pertanian menjadi primadona perekonomian Indonesia, dimaana bahan bakunya merupakan sumberdaya alam terbarui sehingga tidak akan habis.
Indonesia yang disebut – sebut dengan “Negara agraris’’ dimana hampir 70 % penduduknnya bermata pencaharian sebagai petani harusnya Indusri sector pertanian dapat menjadi pemberi devisa Negara yang besar. Namun kenyataannya sekarang, industry berbasis pertanian masih barudalam kondidi berkembang menuju ke industry yang mampu menopang perekonomian Indonesia. Industri berbasisi pertanian seperti kelapa sawit, kakao, jarak, dan lain sebagainya dari Indonesia saat ini menjadi penghuni tetap papan atas ranking ekspor dunia barang – barang tersebut. Namun, seperti permasalahan industry pertambanagan Indonesia hanya mampu mengekspor bahan mentah, bukan barang olahan. Sebagai contoh kelapa sawit, Indonesia memang menjadi Negara pengekspor kelapa sawit nomor 1 di dunia, tetapi bukan Negara pengekspor minyak kelapa sawit. Nilai ekonomi anatar minyak dan bahan mentah sangatlah jauh berbeda jika dibandingkan.
Lahan pertanian Indonesia yang sangat luas, harusnya dapat memacu untuk mengambangkan sector Industri berbasis pertanian. Selain hal itu, isu – isu berbagai krisis baik energy maupun pangan yang akan melanda dunia tahun 2021 juga harus menjadi factor pendorong Indonesia untuk mengembangkan industry berbasis pertanian terutama bidang energy hayati dan pangan. Ketika isu tersebut benar – benar terjadi, dan Industri pertanian di Indonesia sudah matang apa yang akan terjadi? Negara – Negara di dunia akan tergantung dengan Indonesia, mereka akan mengimpor berbagai bahan pangan maupun sumber – sumber energy hayati dari Indonesia.
Namun sekali lagi, Indoneia harus benar – benar mampu mengolah sumber daya alamnya sendiri. Kemana para insinyur – isninyur Indonesia pergi? Kemana para ahli – ahli pangan Indonesia pergi? Jangan sampai orang – orang asing yang mengolah dan menguasai sumberdaya alam kita. Jangan sampai Indonesia ditelanjangi oleh orang – orang asing tak bertanggung jawab. Orang – orang asing yang memperkosa sumberdaya alam Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s