Sapi Tetangga lebih murah daripada sapi dari sendiri

mn

Terungkapnya kasus suap impor daging sapi beberapa waktu lalu menyisakkan dilema yang cukup mendalam. Bagaimana tidak, salah satu tersangka kasus suap daging sapi impor adalah seorang petinggi partai besar yang tergabung dalam koalisi pemerintahan. Lebih ironinya lagi, partai tersebut adalah partai yang selama ini dikenal dengan kader – kadernya yang bersih dari kasus korupsi. Tentu saja hal ini menghancurkan harapan masyarakat Indonesia akan sosok pemimpin yang jujur di negeri ini.
Sebenarnya kasus suap impor daging yang melibatkan pejabat tinggi Negara sudah menjadi hal yang tidak mengagetkan lagi. Jauh sebelum terbongkarnya kasus suap impor daging sapi ini, hampir semua kegiatan impor bahan pangan selalu tersangkut permasalahan hukum mulai dari kasus korupsi, penyuapan, kartelisasi, dan lain-lain.
Namun untuk kasus suap impor daging sapi ini sangatlah mengejutkan public, Bagaimana tidak? salah satu tersangkanya adalah orang nomor 1 di sebuah partai besar yang selalu mengutamakan keadilan dan kesejahteraan rakyat. Sedangkan tersangka lain bahkan ditangkap KPK saat bersama seorang mahasiswi cantik di sebuah hotel di Jakarta. Akibat penangkapan tersebut sempat menyeruat bahwa pemberian gratifikasi sex juga menjadi bagian dari kasus suap impor daging sapi ini, meskipun setelah pemeriksaan hal tersebut tidak terbukti.
Mahalnya harga daging sapi dalam negeri sepertinya menjadi penyebab utama perusahaan – perusahaan daging Indonesia untuk membeli daging impor. Harga yang jauh lebih murah dibanding harga daging sapi local yang mencapai $9 per kg yang menjadi salah satu harga daging sapi termahal di dunia sangatlah menggiurkan bagi perusahaan untuk mendatangkan profit lebih. Namun kuota impor daging yang terbatas mengakibatkan perusahan tidak bebas dalam melakukan pembelian daging sapi impor. Alhasil ada perusahaan yang menghalalkan berbagai cara untuk mendapatkan kuota lebih daging sapi impor. Hal itulah yang dilakukan oleh PT Indoguna untuk mendapat kuota lebih impor daging sapi. PT Indoguna memberikan sejumlah uang kepada sejumlah oknum yang berkaitan dengan kebijakan impor daging sapi yang akhirnya terbongkar oleh KPK dimana salah satu tersangka adalah orang nomor 1 partai besar poitik.
Sebuah peribahasa baru “Sapi Tetangga lebih murah daripada sapi dari sendiri” sangat tepat untuk menggambarkan

One thought on “Sapi Tetangga lebih murah daripada sapi dari sendiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s